Rabu, 16 Desember 2009

Manakah Yang Lebih Utama, Berpuasa Tanggal 9-10 Atau 10-11 Muharrom,..?


س : ما حكم صيام يوم عاشوراء ؟ وهل الأفضل صيام اليوم الذي قبله أم اليوم الذي بعده أم يصومها جميعا أم يصوم يوم عاشوراء فقط ؟ نرجو توضيح ذلك جزاكم الله خيرا *نشر في كتاب (فتاوى إسلامية) جمع وترتيب فضيلة الشيخ محمد المسند ج 2 ص 170 . .


ج: صيام يوم عاشوراء سنة ؛ لما ثبت في الأحاديث الصحيحة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم من الدلالة على ذلك ، وأنه كان يوما تصومه اليهود لأن الله نجى فيه موسى وقومه وأهلك فرعون وقومه ، فصامه نبينا محمد صلى الله عليه وسلم شكرا لله ، وأمر بصيامه وشرع لنا أن نصوم يوما قبله أو يوما بعده ، وصوم التاسع مع العاشر أفضل ، وإن صام العاشر مع الحادي عشر كفى ذلك ، لمخالفة اليهود ، وإن صامهما جميعا مع العاشر فلا بأس ؛ لما جاء في بعض الروايات : http://alifta.com/_layouts/images/UserControl-Images/MEDIA-H1.GIFذكره العيني في عمدة القاري في (الصوم) باب صيام يوم عاشوراء ج 11 ص 116 ، وذكره صاحب الفتح الكبير في (حرف الصاد) باب صوم يوم عاشوراء برقم (7293) . صوموا يوما قبله ويوما بعده http://alifta.com/_layouts/images/UserControl-Images/MEDIA-H2.GIF. أما صومه وحده فيكره ، والله ولي التوفيق .

Soal :

“Apa hukum berpuasa pada hari 'Asyuro’,.? Manakah yang lebih utama, berpuasa satu hari sebelumnya atau satu hari setelahnya ataukah berpuasa keseluruhanya (9,10,11) atau hanya pada hari yang kesepuluh saja,.? Kami mohon penjelasanya Jazakumullohu Khoiron.” Termaktub dalam Fatawa Islamiyah ditulis ulang oleh Fadhilatus Syaikh Muhammad al-Musnad Juz 2 Halaman 170.

Jawab :

“Berpuasa pada hari ‘Asyuro’ adalah sunnah, sebagaimana hadits-hadits yang shohih dari Rosululloh Sholallohu ‘Alaihi wa Sallam yang menunjukkan akan hal itu. Dan bahwasannya hari itu orang-orang Yahudi berpuasa, dikarenakan Alloh telah memenangkan Musa dan kaumnya juga menghancurkan Fir’aun dan kaumnya. Maka Nabi kita Muhammad Sholallohu ‘Alaihi wa Sallam berpuasa pada hari itu sebagai ungkapan rasa syukur pada Alloh, dan beliau memerintahkan kepada kita agar kita berpuasa sehari sebelumnya atau sehari setelahnya. Dan berpuasa pada hari ke sembilan dan ke sepuluh lebih utama meskipun jika berpuasa pada hari ke sepuluh dan ke sebelas sudah mencukupi, untuk menyelisihi orang-orang Yahudi. Dan jika berpuasa keseluruhannya juga tidak apa-apa, sebagaimana ditunjukkan dalam berbagai riwayat : Yang telah disebutkan oleh al-‘Aini dalam ‘Umdatil Qori pada bab Siyamu Yauma ‘Asyuro Juz 11 halaman 116, dan pengarang al-Fatkhu al-Kabir pada huruf Sod, bab Soumu Yauma ‘Asyuro No. 7293 :

صوموا يوما قبله ويوما بعده

“Berpuasalah sehari sebelumnya dan sehari setelahnya”

"Adapun berpuasa hanya pada hari ke sepuluh saja maka hal itu dibenci. Wallohu waliyyut taufiq.”

Silahkan merujuk ke sini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ABU RUQOYYAH Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template | Supported by denkhoir